Batik sebagai salah satu warisan budaya dalam negeri, memang harus dicintai dan dilestarikan. Ditengah banyaknya budaya dalam negeri yang ditinggalkan, batik ini masih terus asri dan bisa dibilang tidak ada matinya. Lihat saja pada saat acara kondangan, maupun acara resmi lainnya, pasti batik ini tidak ketinggalan dan bahkan seringkali menjadi dress code pada berbagai acara.

Mungkin di Indonesia sendiri ada banyak batik khas dari berbagai daerah. Salah satu yang paling terkenal ialah batik pekalongan. Tapi perlu kalian ketahui bahwa batik pekalongan ini tidak hanya bisa didapatkan di kota Pekalongan loh. Saat ini dimanapun tempatnya sudah ada penjual batik khas dari kota Pekalongan tersebut. Pastinya juga bisa kalian dapatkan di ibukota Jakarta.

Di Jakarta sendiri mungkin sudah banyak penjual pakaian bermotif batik yang bisa kalian tuju. Tapi tahukah anda jika di kawasan Jakarta Selatan ada pusat batik paling lengkap dan terbesar? Yaps, tempatnya ada di Grand ITC Permata Hijau lantai 2 yang disebut sebagai “Pusat Batik & Handicraft” terlengkap di Jakarta.

ITC Permata Hijau
Foto: itcshoppingfestival.com

Sebanyak 35 toko yang beroperasi di Blok A dan Blok D Lantai 2 Grand ITC Permata Hijau ini ini merupakan sentra batik asli batik pekalongan dan didatangkan langsung dari pengrajin batik yang ada di kota Pekalongan. Pusat batik Jakarta yang ada di Grand ITC Permata Hijau ini berkerjasama langsung dengan pemerintah kota Pekalongan dan pastinya digadang-gadang akan menjadi sentra batik terfavorit yang ada di Jakarta.

Berbagai jenis batik ada disini, dari yang mulai kelas ekonomis yang bisa dibeli oleh siapapun, hingga batik super mewah yang mungkin harganya hanya terjangkau di kalangan tertentu. Akan tetapi, berapapun harganya, kualitas batik yang ada di Grand ITC Permata Hijau ini sangat terjamin dan tak perlu diragukan lagi.

Ada banyak jenis batik yang ada di pusat batik murah Jakarta Grand ITC Permata Hijau ini. Untuk jenis-jenis batik dan range harganya bisa anda lihat di bawah ini.

ITC Permata Hijau
Foto: nagoyakawai.blogspot.com

Jenis-jenis batik Grand ITC Permata Hijau

Batik Printing

Batik Printing merupakan salah satu jenis batik yang proses pembuatannya menggunakan sablon manual seperti halnya pembuatan kaos maupun spanduk, dan ataupun menggunakan printing mesin pabrik. Jenis batik ini merupakan jenis termurah dan di Grand ITC Permata Hijau ini harganya dari mulai Rp 35 ribu.

Batik Cap

Batik cap ini merupakan salah satu jenis batik yang menggunakan cantik cap untuk memberikan motif kain yang ada. Dalam hal ini, canting cap yang dimaksud adalah seperti stempel yang sudah terdapat motif batik. Harga dari batik cap di Grand ITC Permata Hijau ini berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribuan.

Batik tulis

Batik tulis ini bisa dibilang sebagai jenis batik dengan harga yang cukup mahal karena melihat proses produksinya yang susahnya luar biasa. Dengan proses manual menggunakan canting, batik tulis ini bisa sangat detail dan pastinya kualitasnya sungguh luar biasa. Di Pusat Batik & Handicraft Grand ITC Permata Hijau sendiri, pakaian batik dengan batik tulis ini dijual dengan harga berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta, tergantung dengan kualitas dan jenis kain. Ada pula dengan kain tenun berbahan sutra. Harga tidak akan pernah menghianati kualitas.

Bahkan bagi anda kaum pengagum batik dan pengoleksi batik, Grand ITC Permata Hijau ini juga memiliki koleksi istimewa hingga harga 35 juta rupiah. Namun pastinya edisi terbatas karena kualitas dan harga batik tersebut begitu istimewa. Hebatnya, di sentra batik ITC Permata Hijau tersebut juga bisa mengkreasikan sendiri motif batiknya dan bisa mendapatkannya secara langsung di tempat.

Intinya, jika anda ingin mencari batik yang anda inginkan dari range harga yang sangat ekonomis hingga yang sangat istimewa, bisa anda cari di Grand ITC Permata Hijau lantai 2 karena disanalah terdapat pusat sentra batik terlengkap dan terbesar di Jakarta.